I'm Download(ing) My Success With Zenius

Gue pengen memulai tulisan ini dengan mengutip kata-kata super yang gue denger dari salah satu tutor Zenius yang gue rasa itu cara berpikir yang sangat tepat :

Kurang lebih begitulah bunyi kata-katanya yang sampai sekarang selalu gue inget dari ribuan kata-kata kerennya Bang Sabda di Zenius Xpedia Gue. Kalimat yang simpel dan mudah dicerna tapi maknanya dalam banget.
Oh iya buat yang belum tau zenius itu apa biar gue jelasin dikit (banget). Jadi Zenius itu adalah perusahan yang bergerak pada bidang pendidikan dan bertujuan untuk mencerdaskan dan meluruskan cara pandang kita terhadap belajar. Lengkapnya Lo bisa simak disini dan cek websitenya zenius.


Oh iya nama gue Jafis Muhammad Mahayusman dan gue salah satu user dari Zenius Xpedia Alumni. Yup kalo kalian tau Zenius Xpedia Alumni itu peruntukannya buat siapa, berarti lo pasti tau dong status gue apa ?. Gue sedang berusaha meraih salah satu kursi pada Jurusan Kedokteran di PTN yang gue incar. Gue mohon doa dari lo semua tutor zenius dan teman-teman yang nyimak artikel gue.
Ini adalah tulisan pertama gue, dan gue berharap bukan tulisan yang terakhir gue di blog ini. Jadi dimasa-masa liburan ini gue masih berjuang untuk mempersiapkan SBMPTN gue tahun depan.
Diartikel ini gue bakal ngeshare hasil rancangan #Rencana Belajar Bareng Zenius versi gue, basicly rancangan belajar ini sebagian udah gue susun dari 5 bulan yang lalu sih tapi itu gue susun sampe desember doang, nah sekarang yang gue buat rencana belajar gue dijanuari sampe akhir april nanti.

Awal Gue Mulai
Gue dikit aja mau cerita biar agak nyambung kalo dibaca. Jadi tahun lalu tepatnya 2017 gue berhasil dikalahkan oleh SBMPTN. Bukan hanya SBMPTN yang ngalahin gue tapi banyak dari Test PTN, PTS, dan Poltek Ngalahin gue juga. Dan gue hanya lulus di PTS dengan prodi yang gk gue banget. Finally Gue decide buat gap a year. Keputusan gue buat gap a year bukan sekedar keputusan mentah gitu aja, kenapa ? Karena gue udh milih zenius buat menjadi teman dan sahabat gue yang bakal membimbing gue secara akademis. Singkat cerita gue mulai mencari apa itu SBMPTN, bagaimana tipe soalnya, dan seluk beluk berSBMPTN itu sendiri. Kenapa begitu ? karena gue kemarin berSBMPTN itu cuman ikut-ikutan aja, gue gk ada persiapan sama sekali dan gue bisa dibilang “buta” tentang SBMPTN. Dan ketika gue browsing tentang hal itu gue masuk kedalam blognya zenius yang judulnya “ Mau Belajar SBMPTN lebih awal, sebaiknya mulai dari mana ? “ buat lo yang penasaran coba aja buka. Jadi Intinya di artikel itu gue disarankan untuk memulai pelajaran gue dari TKPA (Tes Kemampuan Potensi Akademik) yang materinya terdiri atas :
1. TPA         
Alhamdulillah sampai saat ini gue masih berusaha menyelesaikan beberapa materi dan try out TKPA gue sampai akhir desember nanti, semoga gua bisa menyelesaikan tugas gue yang “nunggak” karena beberapa kesibukan gue yang lain.

Rencana Belajar Gue Agustus – Desember (Semester 1)
Okay guys, awal gue belajar terstruktur/terencana adalah pada bulan Agustus, dan sebelum itu gue udh search ke blognya zenius dan gue nemuin artikel Bang GlenTips Membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif “ , lagi-lagi artikelnya zenius ini bermanfaat banget dalam menyusun rencana belajar gue. Ada 3 Poin Penting yang disebutkan disitu tentang menyusun jadwal belajar :
1. Telusuri SEBANYAK APA MATERINYA
Pada step ini gue menerapkannya dengan ngelist semua materi di zenius, dan setelah gue list gue tercengan dengan jumlah topik materi SBMPTN yang > 300 materi. Tujuan gue dari ngelist materi SBMPTN ini adalah biar gue tau gimana susahnya “Medan Perang” yang bakal gue hadapi nantinya. Oh iya gue juga print out list materi itu tujuannya agar gue tau setiap materi yang udah gue nonton videonya dan bisa ngereview lagi nantinya. Kalo lo juga mau tau gimana banyaknya materi SBMPTN itu lo bisa download file rekapan materi gue disini. (Angka 300 diatas gue hitung secara kasar ya, maksudnya itu udah termasuk video materi dan video pembahasan soalnya)
2. Buatlah PAKET BELAJAR Berdasarkan Topik Materi
Pada langkah ini gue kurang interest buat nerapin, kenapa ? karena menurut gue pada bagian ini cara menyusunnya itu kompleks banget dan butuh waktu lama. Gue lebih prefer pada penyusunan yang simpel dan bisa gue susun sesuai keinginan gue serta bisa gue jalanin. Jadi gue skip bagian ini, tapi gue bakal ngeshare contoh yang dibuat Bang Glen di artikelnya. Dan Lo bisa download filenya di artikel aslinya atau langsung klik link dibawah ini.



3. Fokus Penyelesaian Paket Belajar DENGAN TARGET MINGGUAN
Cara belajar ini efektif nih selama proses belajar gue. Jadi dalam step ini gue diajarin gimana cara belajar yang efektif dengan berorintasi pada Tugas Belajar gue selama satu minggu atau yang Bang Glen Sebut dengan TASK ORIENTED di artikelnya. Contohnya : Selama satu minggu kedepan gue bakal menyelesaikan 3-4 materi dalam matematika dasar beserta latihan soalnya. Jumlah materi belajar selama satu minggu ini desesuaikan dengan jadwal belajar yang lo buat. Kalo gue pribadi sih langsung aja ngikutin apa yang Bang Glen buat dengan sedikit perubahan letak materi karena adanya pertimbangan pribadi gue. Tapi secara keseluruhan contoh jadwal yang dibuat Bang Glen itu udah bagus sih menurut gue dan bahkan menjadi referensi lagi buat gue menyusun TASK ORIENTED gue unuk Bulan Januari – April nanti. Kalo lo penasaran lo bisa download filenya dibawah ini :

FILE TASK ORIENTED MS. EXCEL 
Saran aja ni, mending download yang original filenya aja jangan punya gue karena perbedaannya dikit banget. Hehe..

GOALS AND MOTIVATION GUE
Sedikit gue mau bahas tentang tujuan dan motivasi karena ada hubungannya dengan tulisan #Rencana Belajar Bareng Zenius gue, hubungannya apa ? Ya... simpelnya sih rancangan belajar itu ada karena gue sedang mempersiapkan pembelajaran gue dengan terstruktur dan pembelajaran itu ada karena adanya tujuan yang memotivasi gue untuk diwujudkan. Dan goals gue saat ini adalah :
1. Lolos Kedokteran lewat SBMPTN 2018
2. Lolos USM PKN STAN 2018
3. Lolos Kedokteran lewat Jalur Mandiri PTN 2018
Punya goals diatas bukan berarti gue selalu disupport dengan hal yang positif, gk jarang juga gue mendapat kata-kata yang tidak menyenangkan dihati dan pikiran. Tapi gue memandang kata-kata yang terlontarkan kepada gue sebagai salah satu dari motivasi gue. Meskipun pada kenyataanya dalam pikiran gue itu bukanlah tipe motivasi yg gue inginkan, tapi itu semua tetap gue anggap sebagai motivasi untuk memacu pembelajaran gue, motivasi gue adalah :
1. Mengganti Kekecewaan Kedua orang tua gue tahun 2017 dengan Kebahagiaan di tahun 2018
2. Membuktikan kepada semua orang yang udah underestimate gue bahwa waktu setahun yang mereka anggap gua buang sia-sia adalah ajang gue untuk memantaskan diri gue untuk duduk dan menuntut ilmu di PTN.
3. Seperti kata Bang Sabda yang gua kutip diawal tulisan gue ini, gue ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi banyak orang bukan sekedar menjadi sukses dan kaya, tapi dengan kesuksesan dan lebihnya harta kita bisa berbagi dengan yang lain. Sama seperti pemikiran kebanyakan orang saat ini kuliah itu buat persiapan kerja biar dapet duit gue juga dulu berpikiran yang sama, bahkan semua anggota keluarga gue berpikiran yang sama dan memang tidak ada yang salah dengan itu. Tapi esensi belajar yang sebenarnya adalah bekal kita untuk berbagi dan saling menolong sesama manusia. Dan gue sangat sependapat dengan Bang Sabda dalam hal ini.
Oh iya untuk tetap mengingat tujuan gue, gue nempelin logo tiap universitas yang ada jurusan kedokterannya beserta passing gradenya, terus gue tulis juga tu dicermin tentang goals gue biar gue liat terus kayak gini ni :

Rencana Belajar Gue Januari – April (SEMESTER 2) 
Dibagian ini gue bakal jelasin rencana gue lebih detil dibanding rencana belajar diatas tadi. Pada dasarnya ini tetap bercermin pada rencana belajar gue sebelumnya sih, cuman ada sedikit perbaikan dan penambahan agar lebih sempurna belajar gue di semester ini. So, ada 5 poin yang akan gue jelaskan, yakni: 1. Materi Belajar  2. Task Oriented Semester 2, 3. Belajar dan Latihan Pada Materi Spesifik, 4. Jadwal Try Out Mandiri, 5. Rekap Nilai Try out. 
1. Materi Belajar 
First of all dibagian ini gk akan sepanjang bahasannya dibanding poin selanjutnya. Jadi materi-materi yang akan gue kuasain di semester 2 ini pastinya adalah materi SAINTEK yang kalo gue lihat tipe-tipe soalnya yaaaa BEGITULAH, ingin ku melambaikan tangan ke kamera hehe.. . But harus tetap gue jalankan demi mengejar PTN incaran gue. Jadi materinya itu antara lain :
Kok itu doang ??? Hehe.. tenang-tenang, lo baca lanjut aja dulu sampe kebawah soalnya dibagian kedua gue bakal ngasih link download TASK ORIENTED Semester 2 gue, emang ada apa ? Disitu udah gue jabarin materi tiap mata pelajaran diatas. Oke lanjut ke bawah ya.
2. Task Oriented Semester 2 
Langkah pertama dan paling utama yang gue lakukan adalah menyusun task oriented untuk semester 2. Gue masih pakai format penyusunan yang mirip sama semester 1 tapi tentu dengan isi materi yang berbeda dengan semester sebelumnya. Tujuan dari gue menyusun ini adalah untuk pemetaan jadwal belajar gue. Pemetaan ini gue lakukan biar gue tau gambaran belajar gue nantinya dan bisa memprediksi kapan materi itu bisa gue babat habis serta sisa waktu yang gue miliki. 


Kalo lo liat dalam file Excel diatas atau gambar diatas, gue memprediksi kalo gue bisa menyelesaikan materi serta TO pada 25 Maret 2018. Inget ya ini cuman prediksi doang, karena gue berkaca pada task oriented semseter 1, gue melenceng dari prediksi gue yang awalnya gue prediksi akan selesai pada tanggal 10 Desember 2017, eh molor deh sampai akhir desember nanti. Nah faktor-faktor yang membuat gue molor antara lain : 
1. Adanya materi yang butuh waktu ekstra untuk dipaham bagi gue, contohnya : Fungsi Kuadrat, Pertidaksamaan, Trigonometri, dsb.
2. Halangan dan rintangan, contohnya : 1. Kemarin Ortu gue berangkat menunaikan Ibadah Haji, jadi gue harus mempersiapkan berbagai acara, dan keberangkatan beliau. 2. Nikahan Sepupu yang mengharuskan gue ke luar kota. Konsekuensinya gue harus pukul mundur jadwal gue yang semula pada hari itu harus dilakukan, molor ke beberapa hari berikutnya.
3. Rasa capek dalam belajar. Hehe.. 
Oke kembali ke pembahasan task oriented gue, pada W-7 sampai W-1 gue menetapkan itu sebagai bahan gue buat ngreview materi, kenapa gue gk menetapkan review materi secara spesifik ? karena gue lebih ingin flexibel dalam menjalani masa-masa akhir belajar gue. Maksudnya gini, misalnya pada W-5 gue susun dlu tuh materi apa yang sekiranya perlu banget direview dan dilatih. Oleh karena itu gue pengen memantapkan materi-materi yang masih kurang pada jadwal REVIEW MATERI gue itu.
3. Belajar Dan Latihan Pada Materi Spesifik
Actually ini udah gue terapin dari awal belajar sih cuman perlu gue bahas disini karena ini poin yang penting yang berhubungan dengan poin sebelumnya dan poin sesudahnya. Jadi gue coba menerapkan cara belajar yang berfokus pada 1 bab/materi dan gue coba untuk semahir mungkin menguasi materi tersebut. Cara gue adalah dengan menguasai konsep dari materi tersebut dan gue coba mencari soal-soal yang relevan dengan materi yang gue pelajari. Nah disini nih keunggulan zenius, banyak banget...nget...nget...nget soal-soal yang bisa gue unduh dari website zenius secara gratis dan pembahasannya, eits tapi untuk ngeliat pembahasannya lo harus jadi premium member dulu.

Dan masih banyak soal dan pembahasan mulai dari jenjang SD sampai SMA. Oke kembali lagi ke pembahasan kita. Kalo lo liat di Task Oriented gue diatas, gue berfokus pada beberapa materi tertentu dalam satu minggu. Jadi gue bener-bener fokus buat memahami konsep yang gue udah petakan dalam minggu itu beserta latihannya. Hal ini didasarkan pada cara Delibrate Practice, simak artikel Bang Sabda tentang : “ Cara Belajar yang Efektif: Delibrate Practice (DP) “. Jadi singkatnya delibrate practice itu adalah gimana caranya gw ngelatih apa yang kurang dan sulit secara berulang-ulang, gue latih terus sampai gue mahir, ngerti,  dan lancar banget disitu.Ini bukan sekedar teori loh, gue bener-bener membuktikan bahwa itu cara yang tepat. Sedikit cerita nih, gue lemot banget di matematika. Sebagaimanapun gue ngulang materi matematika yang udh gue dapet dikelas gk bakal pernah gue mahir disitu. Dan alhamdulillahnya selama gue belajar dengan zenius dari dasar, gue sadar bahwa lemotnya gue dalam bermatematika adalah bukan karena gue gk paham sama materinya, tapi ada salah satu basic skill yang gue lemah banget. Apa itu ? cara gue berhitung. Setelah gue ingat-ingat dulu selama gue SMA, gue selalu mendapatkan hasil yang salah disebabkan tambah, kali, kurang, bagi gue yang ancur banget. Gue masih pakai cara “ standar “ yang diajarin waktu SD. Dan saat gue belajar dengan zenius, gue diajarin cara berhitung yang amat sangat kreatif. Dan setelah gue belajar dasar tersebut dengan benar gue dengan mudah memahami beberapa materi-materi matematika yang dulu gue anggap susahhhhh banget. Hal epic selanjutnya dari itu    gue bisa lebih cepat dan benar ngitung diskon obat yang dikasih apoteker, ketimbang dia ngitung diskon itu pakek kalkulator. Gue bahagiaaa banget saat itu, pokoknya bahagia gue saat itu melebihi bahagianya gue saat pertama kali dapet smartphone keren. Tapi gk se-bahagia saat gue nembak cewek dan diterima langsung pada hari itu. Wkwkwkw..
Oke kembali lagi tentang DP. Selain hal diatas, dalam artikelnya Bang Sabda menjelaskan kalo cara DP ini bakal sangat berguna buat ningkatin nilai try out. In fact gue belum memantau ini sih selama belajar gue disemester 1 karena gue jarang try out. Nah di point selanjutnya gue bakal jelasin tentang try out dan gimana gue memetakan nilai try out gue untuk melihat progres belajar gue nantinya.
4. Jadwal Try Out Mandiri 
Ini ni bagian yang paling penting. Kenapa Try Out itu penting ? dari pada gue yang jelasin mending lo baca dulu deh artikelnya Bang Glen (lagi-lagi) ini : “ Penting gak sih TRY OUT dalam persiapan SBMPTN ? “ . Gimana udah nyimak belum ? Nah kalo udah lanjutin nih baca punya gue. Sekarang gue juga udah buat jadwal Try Out Mandiri gue nih.



Foto diatas cuman sebagian, lengkapnya lo download aja filenya. Oh iya gue membuat try out ini templatenya juga mengacu pada jadwal try outnya zeniusclub loh. Gk tau Zenius Club itu apa ? Hehe jadi Zenius Club itu adalah club khusus yang hanya bisa diakses oleh pengguna Xpedia. Dan zenius club juga ngadain try out per mata pelajaran tiap minggu pada hari jum’at loh. Sampai Akhir desember ini zenius udah ngadain 12 kali try out khusus buat anak-anak zenius club tapi gue ngelewatin 2 try out, karena koneksi internet yang lagi down waktu itu. Ini nilai Try Out gue via Zenius Club :
Jelek banget ya nilainya ? Hehe.. doakan aja semoga nilai gue bisa terus meningkat pada try out selanjutnya. Oh iya gue juga jarang TO mandiri pada semester 1 kemarin, gue banyakan latihan soal biasa aja gitu. Oleh karena itu pada semester 2 nanti gue bakal sering try out mandiri dengan jadwal yang gue buat diatas tadi.
5. Rekap Nilai Try Out 
Buat apa sih nilai try out direkap segala ? Yaudah sih setelah try out yaudah selesai, ngapain direkap segala ?Entah pertanyaan ini datangnya darimana . Jadi kenapa gue masukin ini ke poin ke empat, biar nyambung aja soalnya kan diatas bahasanya tentang try out, hehe.. . Oke lebih serius argumennya, jadi selama belajar persiapan SBMPTN pastinya gue ingin ada progres dalam belajar gue dan itu bisa gue ketahui dengan meningkatnya nilai try out gue secara berkala. Jadi nilai try out yang gue peroleh ingin gue petakan dalam tabel biar gue tau perubahan kualitas belajar gue bagimana selama ini, nilai yang masih belum mencapai target yang mana, dan menurut gue ini adalah cara mudah buat kita menentukan mana hal yang perlu direview dari keseluruhan materi pembelajaran gue. Contoh tabel yang udah gue buat seperti ini : 


Oh iya selain gue melakukan pemetaan nilai gue pada tabel diatas, gue juga berencana untuk memetakannya dalam bentuk grafik. Maksudnya gini, passing grade yang gue dapatkan disetiap TO akan gue jadikan data tersendiri dan nantinya akan gue sajikan dalam bentuk grafik. Kenapa grafik ? Ya gue suka aja sih ngelihat grafik, apalagi grafik perubahan harga emas di BUKA EMAS wkwkw..
Oke-oke skip, kembali lagi ke pembahasan grafik. Dan ini adalah contoh grafik pemetaan nilai passing grade TO yang gue buat. 
Data try out diatas bukanlah data tryout sesungguhnya itu hanya data yang gue buat sembarangan biar ada bahan buat dijadikan grafik.

Kritik Untuk Zenius 
Meskipun ini agak keluar dari tema, tapi gue rasa kritik ini harus di ungkapkan, karena bagi gue ini sangat mengganggu dan mungkin saja segera diperbaiki oleh pihak zenius.

Ya yang pertama tentang soal yang ada dizenius. Gue gk bilang banyak dari soal yang salah loh ya, gue hanya menemukan beberapa soal yang salah ketik. Perbandingannya jauh lebih sedikit yang salah ketik daripada yang tepat pengetikannya. Kenapa menjadi persoalan ? karena gue terjebak disoal itu dalam waktu yang lama bahkan hari berikutnya baru gue tau itu salah soal ! parah banget kan ? gue lupa tepatnya ada berapa soal yang salah tapi disini gue bakal ngasih satu contoh soal yang salah :
Well setelah gue cek di websitenya ternyata soal itu udah diperbaiki. Good Job

Kemudian selanjutnya kualitas beberapa video di bagian bahasa indonesia yang sedikit mengganggu. Tapi overall suara bising itu gk menutupi suara tentornya ngomong kok. Cuman bagi yang gak suka dengan bising yang gak jelas gue rasa itu bakal menganggu banget.
Selanjutnya adalah dari segi Xpedia, mungkin sebagian orang enggak terlalu risih sih dengan bagian ini. Jadi gini, susah banget buat cari soal yang relevan dengan materi dan video pembahasan soal yang ada didalam xpedia. Mungkin pihak zenius bisa menambahkan tombol yang bisa langsung mengarahkan user pada soal yang sedang kita tonton pembahasannya di Xpedia, seperti tombol download soal yang ada di zenius.net. Karena gue pribadi merasa sedikit risih dengan ini. Nah konsekuensinya gue harus mencatat semua kode soal pada list materi gue biar memudahkan gue dalam mencari kode soal yang relevan dengan materi yang sedang gue tonton.

***
 
Oh iya gue berharap tahun ini zenius ngadain gathering kyk tahun lalu, dan gue juga berharap klo itu dilaksanakan gue bisa ikutan, maklum jakarta itu jauh hehe. Coba aja zenius ngadain gatheringnya di wilayah yang agak tengah-tengah Indonesia lah, jangan dijakarta. Hehe gue tunggu  kabar zenius gathering 2018 !!! 
Okeh #Rancangan Belajar Bareng Zenius gue udah selesai gue jabarkan, gue mohon maaf banget jika ada banyak typo ketik didalam artikel gue, banyak kesalahan-kesalahan didalam artikel gue, atau ada gambar yang gue salah kasih sumbernya, gue mohon maaf. Semoga artikel gue diatas bisa bermanfaat dan menjadi acuan lo buat menyusun rancangan rencana belajar lo baik itu untuk persiapan Ulangan Harian, Ulangan Semester, Ujian Nasional, SBMPTN, dan Ujian lainnya. Karena gue bakal senang banget kalo apa yang gue share ke lo semua bisa bermanfaat dan menjadi amal Jariyah bagi gue pribadi.

Komentar

  1. Keren bngt, jas. Terstruktur bngt. Semangat FK UGM 2018!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada anak UI mampir, hehe...
      Makasih kak seniorr..

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Waah sama sama pejuang fk nih :D


    Semoga kita sama sama masuk fk ya tahun ini

    Aamiin

    Semangat ლ(╹◡╹ლ)

    BalasHapus
  6. Gimana sbmptn 2018 nya? Tembus g? 😁😁

    BalasHapus

Posting Komentar